Lihat Sama sama yuk pembuatan Motor Yamaha
Hari itu cuaca diselimuti mendung, saya bersama beberapa blogger & media berkesempatan untuk melihat proses produksi motor Yamaha di Karawang tepatnya di kawasan industri bernama Karawang International Industrial City. Suasana pabrik bersih, rapi bahkan untuk melangkahkan kaki pun harus tertib mentaati aturan yang ada. Nyeberang harus di zebra cross atopun berjalan mengikuti marka yang telah ditentukan, kalo gak begitu bakal ditegur petugas. Jepang bangetlah, semua serba disiplin, beda jauh ama tempat kerja saya...Modifikasi drag....... falintino rosi.heheheh

Pabrik berlabel PT. Yamaha Motor Manufacturing West Java (YMMWJ) dibangun pada tgl 23 November 2004 & diresmikan tgl 26 Januari 2006 oleh Presiden SBY. Menempati lahan seluas 35,6 hektar sedangkan bangunannya sendiri sebesar 19,5 hektar. Konon YMMWJ merupakan salah satu pabrik Yamaha terbesar di dunia. Pabrik yang juga merambah pasar ekspor ini kebagian tugas untuk menjahit varian skutik & bebek seperti Mio J, Fino, Soul GT, Vega ZR & Jupiter Z1. Jumlah karyawan sekitar 5.500 orang untuk menempati 18 departemen dimana pembagian kerjanya dibagi menjadi 2 shift Baca jugak :Modifikasi-drag-2016
Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang didirikan tahun 1974 mempunyai 6 anak perusahaan yaitu PT. Yamaha Motor Nuansa Indonesia (1997), PT. Toyobesq Indonesia (2002), PT. Melco Indonesia (2005), PT. Yamaha Motor Parts Mfg Indonesia (1996), PT. Yamaha Motor Electronics Indonesia (2001) & YMMWJ itu sendiri.
Baca jugak :Modifikasi-drag-2016
Sejak berproduksi pertama kali di 2006 hingga November 2012, YMMWJ telah memproduksi 8.669.580 unit motor (bebek & matik). Proses produksi motor Yamaha di PT YMMWJ melalui tiga proses yang berakhir pada body assembling (perakitan bodi motor). Prosesnya yang pertama adalah die casting (pengecoran logam) lalu machining & pembubutan rangka mesin, perakitan engine. Bagian proses kedua dimulai dari press bending (pembentukan pipa besi), welding frame (pengelasan rangka), welding tangki, painting steel. Yang ketiga diawali dengan plastic injection (pengecoran plastik), painting plastic (pengecatan plastik) & pemasangan grafis motor.
Gambar-modifikas-satria-drag-terbaru
Cukup lelah juga berjalan mengelilingi pabrik yang luas tapi semua itu terbayar lunas menyaksikan gimana motor itu dibuat. Agar lebih presisi beberapa proses menggunakan robotik. Ada yang unik juga yakni memanfaatkan robot yang bisa berjalan sendiri mengantarkan barang dari satu tempat ke tempat lain Modifikasi-drag-2016
Oh ya, pabrik YMMWJ telah mengusung konsep Go Green. Sebagai contoh limbah2 hasil produksi diolah dulu di suatu tempat agar tidak mencemari lingkungan. Begitu juga air2 dari toilet, dimanfaatkan lagi untuk menyiram tanaman di sekitar pabrik. Patut ditiru oleh pabrik2 yang lain agar lebih peduli lagi terhadap lingkungan…!!! Ok, Salam Modifikasi Modifikasi-drag-2016
No comments:
Write comments