Friday, May 27, 2016

Spesifikasi Motor Valentino Rossi dan Lorenzo MotoGP

Spesifikasi Motor Valentino Rossi Dan Jorge Lorenzo Untuk MotoGP 2016



Tim Movistar Yamaha menjadi tim pertama yang meluncurkan motor untuk kompetisi MotoGP 2016, pada Senin 18 Januari 2016. Bertempat di sirkuit Catalunya, Barcelona, Yamaha memperkenalkan Yamaha YZR-M1 2016 yang akan menjadi tunggangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Secara penampilan, tak ada yang perubahan berarti pada YZR-M1 2016 dibandingkan dengan YZR-M1 2015. Seluruh badan motor masih didominasi warna biru dengan sedikit aksen putih di beberapa bagian. Lekuk tudung depan pun masih sama dengan lubang udara yang terlihat di bagian bawah nomor pembalap.



Perubahan hanya terlihat pada bagian ban dimana motor itu sudah menggunakan ban Michelin 17 inchi menggantikan ban Bridgestone, 16,5 inchi yang musim lalu mereka gunakan. Musim ini, Dorna memang melakukan perubahan suplier ban dari Bridgestone ke Michelin bagi seluruh tim.



Pada bagian tangki juga tak mengalami perubahan. Padahal, beberapa waktu lalu Yamaha dikabarkan akan mengubah letak tangki bahan bakar dari yang sebelumnya berada tepat di bawah badan pembalap menjadi di bagian belakang, tepat di buntut motor.

Perubahan itu merupakan jawaban Yamaha atas perubahan karakter ban. Mereka menilai, ban belakang Michelin memiliki cengkraman lebih baik dibanding Bridgestone sehingga mereka harus mengubah konfigurasi beban motor.

Soal perubahan tangki itu, Rossi mengatakan bahwa Yamaha masih belum memutuskan apakah akan menggunakannya atau tidak. Menurut dia, timnya masih akan melakukan pengetesan terhadap tangki itu di Sirkuit Sepang pada Februari nanti.



"Situasinya adalah, Yamaha memiliki tangki dan motor baru. Kami harus memahami bagaimana menggunakan ban Michelins seperti yang kami lakukan pada 2008. Memindahkan distribusi beban," ujarnya.

"Tetapi para mekanik dan insinyur belum mengetahui secara pasti, sama seperti kami. Itu hanya satu ide. Karena itu tes di Sepang akan sangat-sangat penting untuk memutuskan apakah prototipe yang ada (dengan tangki dibelakang) lebih baik ketimbang motor kami yang sudah ada," lanjut Rossi.



Selain ban, musim ini Dorna juga memberlakukan ketentuan harus menggunakan unit kontrol elektronik (Electronic Control Unit) yang sama bagi semua tim. Dorna berharap dengan aturan ini persaingan nantinya tak hanya di dominasi oleh dua tim saja, Repsol Honda dan Movistar Yamaha, sehingga bisa menghasilkan tontonan yang lebih menarik.

No comments:
Write comments