Cara Menganti Oil Gardan Beat/Metic
Langsung Saja Sobat biyar gak penasaran
= Berikut ini kutipan yang saya kutip dari mekanik mas ari tentang penggantian oli gardan yang mungkin bisa membantu motor matic anda. Di Simak baik"
- Oli gardan maksimal dipakai sampai di 10.000 km,akan tetapi alangkah lebih baiknya anda melakukan penggantian sebelum di 10.000 km agar lebih safety.
- Perlu di perhatikan bahwa Oli gardan meskipun masih kelihatan bening maka tetap harus diganti ,untuk kapasitas oli gardan itu tergantung dari jenis motornya karena setiap motor itu berbeda kapasitas olinya , tapi pada umumnya rata2 hanya menggunakan 1 botol ,kecuali mtr xeon yang menggunakan 2 botol.
- Oli gardan meskipun sudah digunakan sampai 10.000 km tapi tetap bening ? jawaban mas ari adalah itu normal,karena sistem pelumasan di ruang mesin dengan gardan sistemnya beda. untuk oli mesin cepat hitam karena selain sebagai pelumas dan pendingin oli di mesin juga berfungsi sebagai ‘perapat’/ membantu proses kompresi dan melumasi piston ,ring piston serta cylinder yang mempunyai tingkat keausan dan gesekan lebih tinggi sehingga kerja oli mesin lebih berat.sedangkan oli gardan hanya berfungsi sebagai pelumas roda gigi saja sehingga kerjanya ringan.
Nah bagaimana , apakah anda udah paham semua hal mengenai oli gardan , jika sudah paham mari kita lanjutkan mengenai cara penggantianya yang bisa anda lihat dibawah ini :
- Yang pertama anda bisa parkirkan kendaraan di tempat yang aman dan mempunyai permukaan yang rata ( untuk memastikan oli keluar semua saat mengisi pas dengan takaran) . Selanjutnya anda bisa menggunakan standard dua agar posisi motor rata. Selanjutnya anda buka baut pembuangan oli, ( buka baut untuk pembuangan dan juga baut untuk memasukan oli gardan).Biarkan oli tersebut keluar sampai benar benar habis anda bisa menggunaka kompresor agar lebih maksimal , tapi jika tidak ada juga tidak masalah ;
- Anda bisa siapkan oli transmisi yang bisa di beli di toko bengkel terdekat di kota anda untuk harganya kurang lebih sekitar 10.000an , selain oli gardan motor, siapkan juga kunci T atau kuci Y ukuran 12-an untuk membuka baut ,selanjutnya anda coba perhatian pada gambar diatas( point no 2) , di situ ada lubang perhatikan lubang in ( atas, ), out ( bawah )
- Jika baut in sudah maka anda juga buka baut out , maksudnya adalah baut untuk saluran pembuangan oli ,jangan terlalu keras ,harap hati2,karena oli nantinya siap menetes, siapkan wadah ( anda bisa gunakan wadah seperti gelas, atau tempat yang cukup untuk menampung oli pembuangan.
- Selanjutnya tunggu oli transmisi/gardan keluar semuanya , tunggu oli tersebut hingga tetesan terakhir hehe,artinya adalah sampe berhenti menetes lagi.
Ada yang menggunakan compresor jare biar maksimal, lebay hehe, anda bisa memiringkan motor untuk memaksimalkan, tunggu saja sampai oli gak keluar. - Intinya adalah kuras oli tersebut sampai habis dengan cara dimiringkan ke arah kiri tapi anda harus hati2,biar motornya gak ambruk ,gunakan standard kiri dan standard tengah
- Jika oli sudah dirasa habis dan sudah kering anda bisa tegakkan kembali motornya, terus tutup kembali baut yang di lepas tadi (khusunya baut out/ baut pembuangan oli) anda bisa kencangkan baut tersebut sesuai TORSIkemudian anda masukan oli gardan tersebut ke ujung tempat olinya, masukkan secara perlahan lahan lewat lubang in (lihat gambar pertama)
- Nah setelah selesai anda bisa pasang kembali baut in dan kencangkan sesuai torsi
-
Untuk oli sendiri anda bisa gunakan sesuai dengan kapasitas yang di rekomendasikan pada motor anda. sebagai contoh misalnya oli gardan SAE 140, Oli transmisi Manual SAE 90, oli transmisi Automatic ATF (Automatic Transmission Fluid).
- Untuk yang terakhir, anda periksa kebocorannya kalau tidak bocor sips, sukses .
Nah sampai disini sudah paham , semoga artikel yang saya sajikan diatas dapat bermanfaat khususnya buat saya pribadi dan buat teman teman yang pengen belajar sendiri otodidak cara mengganti oli gardan motor matic, Poskan Komentar anda terima kasih.:-D
No comments:
Write comments