Thursday, August 27, 2015

Cara Nambah Speed Yamaha vixion yg simple.

Cara Nambah Speed Yamaha vixion yg simple.
Kali ini Saya  mau berbagi tips sederhana untuk memaksimalkan tenaga pada Yamaha Vixion (Versi lama). Tips ini sekedar untuk memaksimalkan tarikan si motor sport Deltabox ini, cukup sederhana dan cukup mudah untuk dilakukan kok. 

1. Memakai Busi Iridium


Benda kecil ini ternyata berpotensi untuk nambah tenaga motor lhooo … Yaps si busi kecil ini tugasnya adalah untuk memercikkan api sumber ledakan pada ruang bakar motor. Dengan menggunakan busi iridium, diklaim api busi lebih besar dan fokus dari pada busi biasa. Selain itu busi ini juga tahan pada suhu tinggi, karena konon katanya busi iridium termasuk kategori busi dinginUntuk motor injeksi, pakailah busi yang menggunakan kode “R”, karena itu pertanda bahwa busi tersebut memiliki resisten. Untuk Yamaha Vixion, coba pakai busi iridium NGK CR8EIX. Dengan busi iridium, akselerasitarikan Vixion makin mantap … !!! (IMHO). Untuk harga, dulu ane tebus 100.000 rupiah.
2. Gunakan 9Power

Benda kecil ini diklaim sanggup menyempurnakan pengapian pada busi. Untuk motor 4 tak seperti yamaha Vixion, pakailah alat ini dua buah, dipasang di dekat busi dan kabel koil menuju busi (CMIIW). Diklaim oleh pabrikan dapat memaksimalkan akselerasi, power dan speed. Untuk harga, dulu ane beli dengan harga 40.000 rupiah.
3. Ganti Per dan Kampas Kopling, Pakai Yang Racing


Per Kopling
Kampas Kopling
Biar tarikan makin maknyos dan penyaluran tenaga makin maksimal, coba ganti kampas dan per kopling Vixion sampean pakai yang bertipe racing. Biasanya bahan kampas kopling lebig padat dan per kopling lebih kaku (CMIIW). Atau, juga bisa mengaplikasikan per kopling milik Tiger Revo dan kampas kopling dari Yamaha Scorpio Z. Beberapa rider Vixion sudah menggunakan part tersebut untuk Vixionnya. Ane sendiri sih pakai Kampas kopling Scorpio Z merk Daytona dan per kopling Vixion merk TDR. Memang tarikan cukup bagus, tapi diperlukan penyetelan jarak main kopling yang pas juga.
4. Stel CO Vixion
Kebutuhan CO antara satu Vixion dengan Vixion lain bisa berbeda. Oleh karena itu, stel CO Vixion kalian sesuai kebutuhan. Untuk Vixion yang sudah dioprek mesinnya, lebih baik naikkan stelan CO nya (misal +10). Juga berlaku buat Vixion yang sudah pakai busi iridium atau knalpot racing. Ini dilakukan agar kebutuhan bensin pada ruang bakar bisa lebih maksimal. Untuk menyetel CO, bawalah Vixion sampean ke bengkel resmi Yamaha. Karena butuh alat khusus untuk menyetelnya.
5. Pakai Bensin Beroktan Tinggi, Seperti Pertamax


Percuma kalau mesin Vixionnya uda dioprek, eh bensinnya masih pakai Premium. Peforma kurang maksimal deh (IMHO). Mesin Vixion memang memiliki kompresi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dianjurkan pakai bensin beroktan tinggi seperti Pertamax. Dengan begitu, peforma mesin bisa lebih maksimal. Apalagi yang sudah pakai busi iridium pada Vixionnya. Usahakan pakai bensin beroktan tinggi agar dan terjadi gejala ngelitik pada mesin, karena ledakan pada busi iridium biasanya lebih besar (IMHO, CMIIW).

Cukup sekian dulu para pembaca, tips ini sudah ane terapkan pada motor Vixion ana sendiri. Dan hasilnya peforma cukup mantab, walaupun Vixion ane sudah pakai fairing. Sebenarnya masih banyak tips buat dongkrak peforma Vixion (seperti porting polish, papas head, bore up, ganti ECU, dll) , tapi pegel juga ane kalau harus ketik semuanya hehehe, jadi cukup sekian aja ya …
Monggo dikomentari, mukin para pembaca punya tips lain … Makash Poskan Komentar....

2 comments:
Write comments